Senin, 10 November 2014

Resep Tahu Gunting

Tahu gunting, unik ya namanya? Tahu gunting merupakan salah satu kreasi olahan kuliner berbahan dasar tahu yang bisa menjadi pilihan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat olahan tahu gunting hampir sama dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gado-gado, diantaranya yaitu; tahu, kentang, tauge dan bahan-bahan lain sesuai selera.

Sekilas, tahu gunting hampir sama dengan gado-gado. Mulai dari bahan-bahan utamanya yang memang tidak jauh beda dengan gado-gado. Kuah atau saus siramnya juga menggunakan kacang giling. Hal mendasar yang membedakan tahu gunting dan gado-gado adalah bumbu saus siramnya. Pada tahu gunting, saus kacang dibuat dari campuran kacang tanah giling dan bumbu petis. Sementara pada gado-gado saus kacang terbuat dari campuran kacang tanah giling dan bumbu pedas lain seperti cabe rawit, bawang, jahe, kencur, dan daun jeruk.

Bumbu petis pada campuran saus kacang menjadi ciri khas utama tahu gunting. Apa sih sebenarnya bumbu petis ini? Seperti halnya terasi, bumbu petis sering digunakan sebagai seasoning (penyedap rasa) pada masakan khas nusantara khususnya di daerah jawa. Bumbu petis hanya dikenal di Indonesia dan masih saudara dekat dengan terasi. Bedanya terasi sudah sangat umum dikenal di Asia Tenggara. Sementara petis hanya di kenal di Indonesia dan lebih khusus lagi di daerah Jawa Timur.

Bumbu petis terbuat dari produk sampingan olahan makanan berkuah. Biasanya terbuat dari pindang, kupang atau udang. Oleh karena itu, berdasarkan bahan bakunya, petis dibedakan menjadi dua jenis yaitu petis udang dan petis ikan. Untuk saus kacang tahu gunting biasanya digunakan bumbu petis udang kualitas super.

Apa keistimewaan petis udang kualitas super? Seperti disebut sebelumnya, bumbu petis terbuat dari hasil sampingan suatu produk olahan dalam hal ini adalah udang. Yang digunakan untuk membuat bumbu petis adalah kepala udang, bukan daging udang. Perlu diketahui bahwa udang memiliki kandungan kaldu yang tinggi pada bagian kepalanya, bukan dagingnya. Kaldu yang dihasilkan dari kepala udang memiliki cita rasa dan aroma yang lebih pekat, sedap dan khas. Produsen bumbu petis yang banyak ditemui di daerah Sidoarjo Jawa Timur umumnya memperoleh kepala udang untuk membuat petis ini dari pabrik-pabrik pengolahan udang dan restoran yang banyak terdapat di daerah tersebut.


Tahu Gunting Surabaya

Ok, setelah mengetahui bumbu andalan untuk membuat saus siram tahu gunting, selanjutnya Anda tentu ingin tahu resep lengkapnya bukan? Nah, berikut adalah Resep Tahu Gunting, nikmat dan sehat yang bisa Anda praktikkan.

Bahan:
  • 2 buah tahu putih
  • 1 buah kentang
  • 2 sdm tauge
  • Kerupuk secukupnya

Bumbu Saus Siram
  • 2 sdm petis
  • 2 sdm kacang tanah
  • Kecap manis dan asin secukupnya.

Cara Membuat
  1. Goreng tahu dan kentang hingga matang, potong-potong dadu dengan ukuran yang disukai.
  2. Sementara itu tauge direbus.
  3. Bumbu digiling halus, dicampurkan dan dibuat menjadi kental.
  4. Tata potongan tahu, kentang dan tauge rebus dalam piring saji. Siram bumbu di atasnya, sajikan bersama kerupuk sebagai pelengkap.
  5. Tahu gunting siap dinikmati.

Nah sahabat blogger, demikian informasi lengkap tentang Resep Tahu Gunting. Kuliner satu ini enak dinikmati sebagai menu sarapan ataupun kudapan di sore hari. Cara membuatnya pun mudah dan tidak ribet. Dan yang lebih penting lagi menu satu ini termasuk menu sehat dan murah yang bisa diandalkan untuk menunjang kesehatan keluarga Anda.

Oleh : Neti Suriana
Sumber Foto: http://alexaword.blogspot.com/2012/11/bahan-4-sdm-kacang-goreng.html


Related Posts :