Selasa, 27 Januari 2015

Kuah Kembang Tahu

Kuah Kembang Tahu adalah menu yang menggunakan tahu di dalamnya. Tahu merupakan olahan dari kacang kedelai yang mempunyai kandungan gizi yang sangat penting bagi kesehatan. Tahu sangat mudah sekali diolah jadi, kita menggunakan tahu dalam menu ini. Biasanya ada anak-anak yang tidak menyukai sayur-sayuran, tetapi kali ini kita akan memadukannya dengan bakso dan tahu. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kuah Kembang Tahu:

Bahan bahan yang diperlukan:
  1. 3 cm jahe lalu dimemarkan.
  2. 12 siung bawang putih digoreng utuh.
  3. 2500 ml air.
  4. 2 sendok garam .
  5. ½ sendok teh merica bubuk.
  6. 1 sendok gula pasir.
  7. ½ sendok teh pala bubuk.
  8. 4 tangkai seledri.
  9. 2 batang daun bawang.

Bahan utama:
  1. Kembang tahu.
  2. Bakso ikan.
  3. sawi daging.
  4. Tahu cina.

Cara memasak:

Tahu yang paling bagus untuk dijadikan kuah atau sup adalah tahu putih. Tahu putih lebih halus dan sangat lembut dibandingkan tahu kuning. Tahu kuning hanya cocok untuk digoreng karena saat digoreng luarnya akan menjadi renyah. Pertama, kita potong tahu menjadi dadu. Setelah itu, kita potong potong kembang tahu menjadi beberapa bagian. Usahakan jangan sampai kembang tahunya hancur karena setelah direbus, kembang tahu akan menjadi lembek.


Gambar 1. Tahu Putih

Setelah semua bahan dipotong potong, selanjutnya kita mulai merebus air. Setelah merebus air, kita masukan bakso ikan dan menunggu sampai air mendidih. Biasanya bakso yang digunakan untuk Kuah Kembang Tahu adalah bakso ikan. Bakso daging tidak cocok untuk Kuah Kembang Tahu. Kita bisa membuatnya sendiri bakso ikan tenggiri menggunakan campuran tepung kanji. Biasanya ibu ibu tidak ingin repot untuk membuat bakso, jadi kita bisa membeli bakso ikan yang sudah jadi yang ada di pasaran.


Gambar 2. Bakso Ikan

Setelah air mendidih, kita masukan jahe yang sudah di memarkan, bawang putih, garam, merica, gula, pala, dan seledri. Setelah terasa harum, kita masukan sawi ke dalam air tersebut. Jika tidak ada sawi kita bisa masukan sayur-sayuran hijau yang lainnya. Saat kita sudah memasukkan sayuran ke dalam air, kita tidak boleh lama untuk dipanaskan karena sayuran bisa menjadi over cook. Setelah itu, kita langsung masukan potongan kembang tahu dan tahu ke dalam air tersebut dan tunggu sampai matang. Kembang tahu dan tahu dimasukkan paling terakhir karena kembang tahu dan tahu sangat lunak jadi, sangat gampang sekali hancur. Setelah dirasakan cukup, kita bisa mengangkat sup tersebut dan siap untuk disajikan



Gambar 3. Kuah Kembang Tahu

Menu ini sangat cocok sekali untuk dijadikan menu pembuka. Rasa Kuah Kembang Tahu ini sangat soft sekali dibandingkan sup sup lain seperti sup daging atau sup ayam. Daya tarik dari menu ini adalah tahu yang disajikan bersama bakso ikan sehingga kandungan gizinya sangat lengkap. Anak-anak yang tidak menyukai sayuran pasti suka dengan menu ini. Kuah Kembang Tahu sangat cocok dihidangkan hangat-hangat.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-hycKhU9Go0E/URXuxX95yDI/AAAAAAAAEsI/7TSdpWqjOLU/s1600/TT+tahu+potong2.jpg
2. http://dapuranda.com/wp-content/uploads/2014/07/Bakso-Ikan.jpg
3. http://4.bp.blogspot.com/-9VKsezpXnQI/TqAuxptLrRI/AAAAAAAABD8/_DylF4e4d4g/s1600/sup+kembang+tahu+ncc.JPG


Related Posts :