Kamis, 26 Februari 2015

Martabak Tahu, Varian Martabak Asin Yang Wajib Dicoba

Martabak Tahu - Martabak, jenis makanan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Makanan satu ini bisa ditemukan di mana-mana seperti halnya gorengan. Tidak hanya penjual martabak pinggir jalan yang menyediakan martabak spesial aneka rasa. Martabak juga bisa kita peroleh di kafe, toko kue, food court, hingga restoran mewah. Tinggal disesuaikan dengan selera dan kemampuan kantong kita.

Martabak, Apa Sih?

Sebelumnya yuk kita kenali lebih lanjut apa itu martabak? Mengapa jenis makanan ini begitu populer dan menjamur di mana-mana?

Sebutan ‘martabak’ berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah ‘lipatan’. Sesuai dengan cara penyajian martabak yang biasanya dalam bentuk lipatan. Konon, martabak memang merupakan jenis sajian yang berasal dari Arab saudi khususnya daerah hijaz. Namun sekarang makanan ini sudah cukup populer di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura dan negara-negara Asia lainnya. Konon lagi, martabak diperkenalkan oleh para perantau Arab yang singgah dan bermukim di wilayah ini.

Dalam perkembangannya, martabak mengalami berbagai modifikasi dari resep aslinya. Menyesuaikan dengan selera dan bahan-bahan yang tersedia di daerah tersebut. Di Indonesia kita mengenal dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak asin. Martabak manis dikenal juga dengan sebutan kue terang bulan. Biasanya diisi dengan coklat, kacang, jagung manis, ketan hitam dan bahan lainnya. Rasanya manis dan bahan dasar lipatannya terbuat dari tepung. Sedangkan martabak asin terbuat dari campuran telur dan daging yang kemudian dibungkus dengan kulit lumpia. Di beberapa tempat terkadang campuran daging diganti dengan sayuran. Selain agar lebih murah juga terkadang tidak semua orang suka dengan daging. Martabak asin isi daging di beberapa daerah dikenal juga dengan sebutan martabak mesir.


Gambar 1. Martabak Tahu

Kreativitas dalam mengolah makanan tidak akan pernah berhenti. Termasuk halnya dengan martabak. Apalagi, martabak merupakan jenis sajian yang sangat memungkinkan untuk dimodifikasi resepnya. Terutama untuk bahan isinya.

Pada tulisan ini kita akan mencoba memodifikasi martabak mesir agar lebih Indonesia. Jika martabak mesir menggunakan campuran telur dan daging sebagai bahan utama isiannya, maka pada martabak tahu kita mencoba menambahkan potongan tahu. Sehingga nuansa dan selera Indonesianya menjadi lebih terasa. Bahkan bagi yang tidak mengonsumsi daging, bisa menggantikan daging dengan tahu secara total. Agar cita rasa dan warnanya lebih ramai, kita juga bisa menambahkan potongan sayuran aneka warna.

Membuat Martabak Tahu

Sahabat blogger, mungkin martabak tahu belum begitu familiar di jual di pasaran. Atau bahkan mungkin belum ada. Tapi tidak perlu khawatir, kita bisa kok membuat martabak tahu sendiri di rumah. Apalagi ternyata cara membuat martabak tahu ini tidak terlalu sulit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa diperoleh dengan mudah di pasar.

Tertarik untuk mencoba? Yuk siapkan bahan-bahannya!
  • 100 gram daging, cincang.
  • Daun bawang sesuai selera, iris halus.
  • 4 buah telur ayam.
  • 2 buah tahu, potong kotak kecil-kecil.
  • Garam dan gula sesuai selera
  • Merica bubuk secukupnya.
  • 10 lembar kulit lumpia
  • Minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, sekarang saatnya untuk membuat martabak tahu. Pertama rebus daging yang sudah dicincang dengan sedikit air. Setelah mendidih angkat, cincang kembali hingga ukuran daging cincang lebih kecil. Kemudian rebus kembali hingga air rebusannya habis. Sementara itu campurkan telur dengan merica bubuk, garam dan gula, kocok lepas. Masukkan daging cincang, daun bawang dan potongan tahu, aduk hingga semua bahan tercampur merata. Ambil selembar kulit lumpia, kemudian isi dengan adonan telur tahu sesuai selera. Lipat kulit lumpia seperti amplop atau sesuai kreativitas hingga adonan isi terbungkus. Kemudian goreng dengan sedikit minyak. Gunakan wajan anti lengket untuk wadah penggorengan. Sajikan panas-panas bersama kuah asam cuka atau cabe rawit gigit. Selamat mencoba!

Oleh: Neti Suriana
Referensi Gambar:
1. http://pb-i4.s3.amazonaws.com/photos/21051-1180874632-0-l.jpg


Related Posts :