Selasa, 10 Januari 2017

Jenis-Jenis Tahu Untuk Diolah

Jenis tahu yang hadir di pasaran bermacam-macam. Dari tahu berwarna kuning hingga putih dapat ditemukan. Tahu berasal dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Setiap tahu memiliki cara pengolahan yang berbeda sehingga tidak boleh salah dalam pengolahannya.


Gambar 1. Tahu Putih

Tahu putih memiliki tekstur yang padat. Selain itu, dalam tahu memiliki pori-pori agak besar. Tahu putih bisa diolah menjadi lauk, hidangan berkuah, aneka tumis, adonan isian dan goreng. Biasanya sering dijadikan campuran kue seperti kroket, perkedel, nugget dan lain-lain. Untuk penyimpanan, tahu putih hanya bisa bertahan selama dua hari di dalam kulkas.


Gambar 2. Tahu Kuning

Tahu kuning lebih dikenal sebagai tahu kediri. Tahu ini lebih padat dan tidak mudah hancur sehingga lebih mudah untuk digoreng. Kalau digoreng akan menghasilkan bagian luar yang renyah dan lembut di bagian dalamnya. Warna kuning berasal dari kunyit. Tahu dibentuk dahulu baru direbus dalam larutan kunyit dan garam. Tahu tersebut bisa langsung dimakan tanpa diolah karena sudah mengalami proses perebusan. Tahu kuning sangat cocok untuk digoreng.


Gambar 3. Tahu Pong

Tahu jenis ini sangat unik. Tahu pong memiliki pori-pori yang besar dan bagian dalam yang kosong. Setelah digoreng maka kulitnya akan berubah warna kecoklatan dan menjadi renyah di bagian luarnya sedangkan bagian dalamnya kosong. Tahu pong lebih umum disajikan untuk cemilan dan campuran masakan berkuah.


Gambar 4. Tahu Susu

Tahu susu diperoleh dari proses penggumpalan susu dengan rennet atau asam, seperti lemon juice atau cuka, kemudian menghilangkan bagian cairnya. Bagian susu yang telah menggumpal tersebut kemudian dipadatkan hingga menjadi tahu. Tahu susu memiliki tekstur lebih padat dan gurih. Tahu susu bisa diolah dengan dipanggang seperti steak, digoreng, untuk campuran isi pai dan topping pizza.


Gambar 5. Tofu

Tofu memiliki tekstur yang halus dan berwarna putih. Biasanya tofu dikemas dalam plastik dan tercantum tanggal kadaluarsanya. Tofu ada yang berbentuk silinder dan segi empat. Karena memiliki tekstur yang halus sehingga harus berhati-hati untuk mengolahnya. Jika ingin menggoreng, potong tofu menggunakan pisau yang tajam sesuai ukuran yang dikehendaki. Lumuri tofu dengan tepung maizena dan goreng menggunakan minyak sampai seluruh permukaan tofu terendam semua. Api harus dalam ukuran sedang dan jangan sering dibolak-balik agar tidak hancur. Tofu bisa disimpan dalam kulkas sampai tanggal kadaluarsa habis.


Gambar 6. Tahu Air

Tahu air memiliki warna seperti tahu putih tetapi memiliki teksturnya yang lebih lembut dan lunak dibandingkan tahu putih. Tahu air terbuat dari gumpalan susu kedelai yang dipadatkan. Tahu air bisa ditemukan pada menu makanan sapo tahu. Tahu air bisa diolah untuk sapo, mapo dan beragam sajian berbumbu sechuan.


Gambar 7. Kulit Tahu

Kulit tahu adalah jenis tahu yang sudah jadi. Tahu ini memiliki bagian dalam yang kosong tetapi masih memiliki sedikit daging tahu. Kulit tahu paling popular adalah tahu sumedang. Kulitnya berwarna kecokelatan dengan rongga bagian dalam yang akan tampak jika tahu digoreng. Kulit tahu bisa diolah dengan bakwan malang, siomay, maupun tahu sumedang.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. http://manfaatbagus.com/wp-content/uploads/2014/09/tahu-putih.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-cV9DXq-blHE/Vd70yzmgCeI/AAAAAAAABj8/HrBe2hMXszY/s1600/tahu%2Bkuning.jpg
3. http://4.bp.blogspot.com/-1hOXbLqoT_U/VgPpOWFokhI/AAAAAAAAHxg/McCTWYLDR94/s1600/Tahu%2BPong%2BSemarang.jpg
4. http://4.bp.blogspot.com/-huTC55rVd-4/Vd0bkkEHDoI/AAAAAAAAAB0/TVCXp0-n7KM/s1600/11223477_10205873533852387_1825148261049038962_n.jpg
5. http://bodyhealthmag.com/wp-content/uploads/2015/09/Tofu.jpg
6. http://www.tahuyunyi.com/images/produk/06-Tahu%20Air.jpg
7. http://1.bp.blogspot.com/-GX08x6joKP0/VeFJ3xcuYjI/AAAAAAAATt8/7SMm_xp-9nw/s1600/A%2Btahu%2Bisi%2Bekonomis%2B2.jpg


Related Posts :