Selasa, 31 Januari 2017

Resep Tahu Bulat

Tahu bulat, digoreng dadakan, di mobil, lima ratusan, enyoi, enyoi. Itulah sebait lirik rayuan maut yang diucapkan abang-abang si penjual tahu bulat yang fenomenal itu. Si tahu bulat ini sedang naik daun, naik sampai pucuk malahan. Sampai-sampai hampir 2 sampai 3 kali sehari ketemu sama mobil pick up yang dimodif sedemikian rupa sama si empunya mobil, supaya enak untuk berjualan dan menarik pembeli yang utama. Dan yang lebih menarik lagi, di manapun abang ini berada selalu ramai dikerumuni konsumen, terutama anak-anak.

Banyak sekali orang yang membahas si bulat nan gurih ini, bahkan sampai di acara-acara televisi pun banyak pengisi acara yang membahasnya. Saking ramai dan terkenalnya si tahu bulat ini ada yang menciptakan aplikasi permainan untuk smartphone yang terinspirasi dari tahu bulat. Padahal kita belum bisa menjamin kualitas dan kebersihan si tahu loh. Lebih amannya kita bikin sendiri saja yuk tahu bulatnya. Mudah kok proses pembuatannya, saya akan bagikan resepnya.


Gambar 1. Tahu bulat

Bahan yang kita butuhkan:
  1. 15 buah tahu putih ukuran sedang
  2. 3 butir telur ayam , ambil kuningnya saja
  3. 2 bungkus royco sachet kecil
  4. Merica bubuk secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. 1 sendok the baking powder

Cara membuat:
  1. Cuci bersih tahu putih, hancurkan sampai benar-benar hacur, tidak ada yang masih berbentuk gumpalan besar.
  2. Setelah tahu halus, saring menggunakan kain. Peras airnya sampai benar-benar kering.
  3. Masukkan tahu di sebuah wadah besar, campurkan semua bahan. Kenapa saya menggunakan kuning telurnya saja, kenapa putih telur tidak di gunakan? Karena kalau kita gunakan putih telurnya, nanti ketika digoreng akan mengeluarkan busa, berbuih. Bagi anda yang suka berkreasi bisa menambahkan bubuk cabe. Nanti tahu bulatnya jadi pedas, beda dari yang lain.
  4. Aduk semua bahan, uleni sampai semua bahan tercampur. Coba lakukan tes rasa, bila ada yang kurang misal kurang asin atau gurih anda bisa menambahkan bahan sesuai selera.
  5. Jika adonan sudah jadi, waktunya anda membentuk bulat-bulat si tahu. Ambil adonan satu sendok munjung, bulatkan. Taruh di tempat yang tertutup.
  6. Masukkan ke dalam kulkas selama 4 jam, jangan di freezer. Jika tahu beku akan berpengaruh saat penggorengan. Tahu tidak mengembang dengan maksimal.
  7. Tahu siap digoreng, panaskan minyak dengan api besar, setelah panas kecilkan api, goreng dengan minyak yang banyak sambil terus di aduk-aduk supaya matang merata.
  8. Tahu matang, siap disajikan untuk cemilan keluarga.

Nah, mudah mudah sekali bukan proses pembuatannya. Rasa dan kehigienisan terjaga, tak perlu was-was makanan ini bersih atau tidak. Anda bisa membuat dalam porsi besar, aman disimpan di kulkas. Jika menginginkan tinggal goreng saja.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-RUKQD9VbN8w/Vqo0pUtM_FI/AAAAAAAADOg/lzXbB3mfVjE/s1600/resep-dan-cara-membuat-tahu-bulat-kopong-1.jpg


Related Posts :