Rabu, 15 Maret 2017

Resep Tahu Bacem

Tahu bacem adalah jenis olahan tahu yang sering kita jumpai. Olahan jenis ini sering kita jumpai menjadi pendamping ketika menyantap pecel, gudeg, soto, urap, dan sebagainya. Di dalam gado-gado juga sering kita menjumpai potongan tahu bacem. Proses pembuatannya mudah tapi rasanya nikmat menjadi pilihan sebagian orang untuk menghidangkannya sebagai makanan pendamping. Makanan ini pasti masuk dalam daftar makanan favorit bagi mereka yang menyukai rasa manis. Olahan bacem identik dengan masakan jawa, jadi anda pasti akan menemukan tahu bacem di restoran yang menyajikan aneka masakan jawa. Harga olahan tahu bacem ini boleh saja murah tapi kandungan gizinya tidak bisa diremehkan. Tahu sudah dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Jadi tidak ada salahnya mengganti daging-dagingan dengan tahu supaya lebih hemat. Di sini akan saya bagikan resep tahu bacem yang bisa anda praktekkan langsung di dapur kesayangan.


Gambar 1. Tahu Bacem

Bahan yang dibutuhkan:
  1. 10 buah tahu putih ukuran sedang, cuci bersih
  2. Air kelapa dari 1 buah kelapa
  3. 500 ml air putih
  4. 2 ruas jari lengkuas, geprek
  5. 1 batang sereh, ambil bagian putihnya saja, geprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  8. Gula merah secukupnya
  9. Kecap manis secukupnya
  10. Garam secukupnya
  11. Kaldu bubuk instan secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  1. 4 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. Ketumbar secukupnya
  4. Kemiri secukupnya
  5. Merica secukupnya

Cara membuat tahu bacem:
  1. Masukkan air putih dan air kelapa ke dalam panci, tambahkan bumbu halus, garam, dan kaldu instan, aduk-aduk supaya tercampur dengan air. Selanjutnya susun daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, dan gula merah di dasar panci, masukkan semua tahu yang sudah dicuci bersih. Panaskan di atas kompor sampai air menyusut.
  2. Jika air sudah berkurang masukkan kecap manis, tunggu sampai air hampir habis. Angkat. Jangan lupa untuk melakukan tes rasa, tambahkan bumbu yang dirasa kurang sampai rasanya benar-benar pas.
  3. Tahu bacem sudah siap, tinggal kita goreng. Ini bisa disimpan di kulkas, sewaktu-waktu ingin makan tinggal goreng, pada suhu kulkas bisa tahan 3 sampai 5 hari. Jadi anda bisa membuat dalam porsi besar, supaya lebih hemat waktu dan tenaga.

Tahu bacem ini sangat nikmat jika disajikan hangat-hangat, bisa digunakan untuk lauk dan juga untuk cemilan. Untuk cemilan biasanya dimakan dengan cabe rawit hijau, pedas manis di mulut. Penggunaan air kelapa di sini hanya opsional ya, jika tidak ada air kelapa, menggunakan air putih biasa juga tidak masalah. Penggunaan air kelapa pada masakan baceman ini akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam tahu dan menambah kenikmatan rasa baceman. Selamat mencoba ya. Semoga berhasil.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://www.kuliner123.com/wp-content/uploads/2015/08/Resep-Cara-Masak-Tahu-Bacem-Kenyal-Nikmat.jpg


Related Posts :